Tautan-tautan Akses

Obama akan Pidato di Gedung Putih soal Tumpahan Minyak


Dalam pidato tersebut, ia akan menjabarkan tanggapan pemerintahannya mengenai tumpahan minyak besar-besaran di Teluk Meksiko.

Presiden Amerika Barack Obama akan menyampaikan pidato yang disiarkan televisi ke seluruh Amerika Serikat pada Selasa malam waktu setempat. Dalam pidato tersebut, ia akan menjabarkan tanggapan pemerintahannya mengenai tumpahan minyak besar-besaran di Teluk Meksiko. Presiden Obama akan menyampaikan pidato tersebut langsung dari ruangan kerjanya, yang dikenal dengan sebutan Ruang Oval, untuk pertama kali dalam masa kepresidenannya.

Presiden Obama akan berpidato beberapa jam setelah sekembalinya dari Florida, di mana ia akan meninjau kerusakan pada garis pantai daerah itu akibat tumpahan minyak itu. Pada hari Senin, Obama mengunjungi daerah-daerah pantai negara bagian Mississippi dan Alabama, di mana ia menjanjikan kepada penduduk bahwa hidup mereka akan kembali normal, walaupun pembersihan atas tumpahan minyak tidak akan dapat diselesaikan dengan cepat.

Presiden Obama dijadwalkan akan bertemu pada hari Rabu dengan para eksekutif perusahaan minyak BP, untuk menekan mereka agar menyisihkan dana khusus guna membayar klaim ganti rugi yang diajukan oleh para warga yang terimbas krisis tersebut. Beberapa anggota Kongres Amerika menuntut jumlah dana mencapai sebesar 20 milyar dolar AS.

XS
SM
MD
LG