Tautan-tautan Akses

Nilai Mata Uang Iran terhadap Dolar Anjlok 17 Persen


Nilai tukar mata uang Iran terhadap dolar Amerika anjlok hingga 17 persen, Senin (1/10).
Nilai tukar mata uang Iran terhadap dolar Amerika anjlok hingga 17 persen, Senin (1/10).

Situs internet yang memantau mata-uang Iran dan para pedagang valuta mengatakan mata uang Rial telah kehilangan 17 persen nilainya terhadap dolar, Senin (2/10).

Satu lagi indikasi bahwa sanksi Barat telah memberi dampak terhadap ekonomi Iran. Rial melemah hingga 34.500 rial per dolar Amerika hari Senin di pasar gelap, sedangkan kurs hari Minggu kira-kira 29.600.

Mata uang Iran itu telah mengalami penurunan nilai tahun ini sementara Amerika Serikat dan Uni Eropa mengetatkan sanksi ekonomi yang bertujuan untuk menekan Teheran agar menghentikan program pengolahan uraniumnya.

Iran mengatakan program nuklirnya bertujuan damai, tetapi negara-negara kuat Barat mengatakan itu adalah dalih untuk pengembangan senjata nuklir.

Sanksi-sanksi Barat telah mengekang kemampuan Iran mengekspor minyak, yang merupakan sumber utama pemasukannya dan melakukan transaksi keuangan di luar negeri. Sanksi-sanksi tadi telah membebani cadangan mata uang asing Iran dan menimbulkan pasar gelap untuk dolar yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan Iran untuk mengimpor produk dari luar negeri. Iran juga menghadapi inflasi tinggi dan pengangguran yang meningkat.

Jurubicara departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland hari Senin mengatakan anjloknya Rial membuktikan keberhasilan tekanan internasional yang tidak henti-hentinya terhadap ekonomi Iran.
XS
SM
MD
LG