Tautan-tautan Akses

Nielsen Mengatakan Masih Dukung Tujuan Perbatasan Trump


ARSIP - Menteri Keamanan Dalam Negeri, Kirstjen Nielsen, bersaksi di depan Komite Kehakiman Kongres di Capitol Hill, Washington, D.C., Kamis, 20 Desember 2018 (foto: AP Photo/Susan Walsh)
ARSIP - Menteri Keamanan Dalam Negeri, Kirstjen Nielsen, bersaksi di depan Komite Kehakiman Kongres di Capitol Hill, Washington, D.C., Kamis, 20 Desember 2018 (foto: AP Photo/Susan Walsh)

Kirstjen Nielsen hari Senin mengatakan masih memiliki tujuan yang sama dengan Presiden Donald Trump untuk mengamankan perbatasan, sehari setelah ia mengundurkan diri sebagai Menteri Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) di tengah rasa frustrasi dan kekecewaan Trump atas lonjakan migrasi dari Amerika Tengah.

Trump lewat cuitan pada hari Minggu mengumumkan Komisaris Perlindungan Bea Cukai dan Perbatasan A. Kevin McAleenan akan mengambil alih sebagai pejabat sementara DHS.

Keputusan menunjuk seorang perwira imigrasi senior untuk jabatan itu mencerminkan prioritas Trump bagi departemen yang luas yang dibentuk untuk memerangi terorisme setelah serangan 11 September.

Nielsen pada hari Jumat berkunjung ke perbatasan AS-Meksiko dengan Trump untuk berpartisipasi dalam pertemuan dengan petugas perbatasan dan penegak hukum setempat. Di sana ia mengulangi komentar Trump mengenai situasi di perbatasan, meskipun ia keluar ruangan ketika Trump berbicara.

Ketika mereka mengunjungi pembatas yang baru dibangun, Nielsen menemani Trump, memperkenalkannya kepada pejabat setempat. Ia kemudian kembali ke Washington sementara Trump melanjutkan perjalanan ke California dan Nevada untuk menghadiri acara penggalangan dana .

Tetapi pada hari Minggu, Nielsen menulis surat pengunduran diri dengan mengatakan ini adalah waktu tepat baginya untuk mundur. Ia berharap "menteri berikutnya akan mendapat dukungan dari Kongres dan pengadilan dalam memperbaiki undang-undang yang telah menghambat kemampuan kita untuk sepenuhnya mengamankan perbatasan Amerika dan yang menyebabkan pertikaian dalam wacana bangsa kita."

Nielsen, Senin, mengatakan kepada wartawan di luar rumahnya di Alexandria, Virginia bahwa ia terus mendukung tujuan presiden untuk mengamankan perbatasan.

"Saya akan terus mendukung semua upaya untuk mengatasi krisis kemanusiaan dan keamanan di perbatasan," katanya dalam sambutan publik pertamanya sejak pengunduran dirinya yang mengejutkan dan berterima kasih kepada presiden "atas kesempatan luar biasa untuk mengabdi pada negara." [my]

XS
SM
MD
LG