Tautan-tautan Akses

New York Tawarkan Perangkat Keamanan Cyber untuk Umum Guna Mencegah Peretas


ARSIP - Walikota New York City, Bill de Blasio, berbicara kepada wartawan tentang persiapan dalam menghadapi badai salju dan pidato dari Gubernur New York, Andrew Cuomo, hari Rabu 3 Januari 2018 di Albany, NY (foto: AP Photo/Hans Pennink)

Pemerintah Kota New York akan menawarkan perangkat keamanan cyber untuk umum sebagai bagian dari upaya baru untuk meningkatkan keamanan online, ujar para pejabat hari Kamis seminggu setelah Atlanta dilanda serangan ransomware yang membuat beberapa sistem komputer pemerintah kota tersebut tidak dapat terhubung secara online.

Program, yang disebut NYC Secure, akan diluncurkan dengan aplikasi perlindungan telepon pintar gratis untuk memperingatkan para pengguna saat aktivitas mencurigakan terdeteksi di perangkat milik mereka, ujar Walikota New York, Bill de Blasio, dalam sebuah pengumuman di konferensi pers.

“Keamanan warga New York tidak terlindungi di jagat online. Kami tidak dapat menunggu lebih lama untuk tingkat pemerintahan yang lain atau pihak swasta untuk berbuat sesuatu,” ujar de Blasio.

Program ini akan memakan biaya $5 juta per tahunnya, ujarnya.

“Ini tugas kami sebagai pemerintah untuk memastikan keamanan warga di jagad online terlindungi. Ini adalah realitas yang baru,” ujar de Blasio.

Badan-badan pemerintah kota juga akan meningkatkan perlindungan keamanan di jaringan Wi-Fi publik menjelang akhir tahun untuk melindungi warga, pekerja, dan para pengunjung.

Jaringan-jaringan itu akan dilindungi dengan sebuah perangkat, yang disebut Quad9, yang tersedia bagi siapa saja di New York City dan tempat lainnya dan dapat diunduh di https://quad9.net

Quad9 mengatur lalu lintas web pengguna lewat server yang mengidentifikasi dan menghalangi situs jahat dan email yang mencurigakan.

Serangan cyber di Atlanta

NYC Secure diperenalkan saat para pejabat di Atlanta bekerja bersama-sama penegak hukum federal dan para teknisi dari perusahaan keamanan swasta yang menyelidiki penyebab serangan yang mengenkripsi data di komputer.

Ketua Dewan Kota Atlanta, Felicia Moore, mengatakan ia menunggu untuk mendengar lebih jauh tentang cara peretas menembus jaringan milik pemerintah kota, lingkup serangan dan waktu pemulihan layanan kota secara penuh.

“Semua orang di ranah publik ingin tahu. Saya ingin tahu, juga,” ujar Moore dalam sebuah konferensi pers. “Namun saya berpikir bahwa kita perlu memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan informasi.”

Atlanta hari Kamis mengaktifkan ulang sebuah situs web yang memungkinkan warga untuk mengajukan permohonan untuk meminta pemerintah memungut sampah, melaporkan gangguan lampu lalu lintas, dan meminta layanan lain yang terkait layanan publik.

Layanan pengadilan negeri masih belum online hari Kamis dan karyawan Balai Kota menginformasikan kepada Reuters bahwa komputer kerja mereka masih belum dapat digunakan seminggu setelah peretasan terdeteksi. [ww]

XS
SM
MD
LG