Tautan-tautan Akses

Netanyahu Tegaskan Klaim Israel atas Seluruh Yerusalem


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara pada rapat kabinet mingguan di Kota Tua Yerusalem hari Minggu (21/5).
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara pada rapat kabinet mingguan di Kota Tua Yerusalem hari Minggu (21/5).

Kabinet Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melangsungkan pertemuan khusus hari Minggu (21/5) untuk memperingati "Hari Yerusalem" di sebuah situs arkeologi dekat kawasan utama Tembok Ratapan, situs tersuci bagi warga Yahudi untuk berdoa, yang sekaligus merupakan dinding luar yang tersisa dari bait suci yang disebutkan dalam Alkitab.

Dalam pertemuan itu Netanyahu kembali menegaskan klaim Israel atas seluruh Yerusalem, yang dipandangnya sebagai ibu kota yang abadi dan tidak terbagi.

“Beberapa hari lalu Abu Mazen (julukan bagi Presiden Palestina Mahmoud Abbas.red) mengatakan di sidang PBB bahwa orang-orang Yahudi tidak memiliki hubungan dengan Temple Mount atau Bukit Bait Suci (dalam Islam disebut sebagai Al Haram Al Sharif.red), dan bagian timur Yerusalem adalah bagian dari wilayah Otoritas Palestina. Untuk diketahui hari ini kami melangsungkan rapat kabinet khusus yang menandai pertemuan Hari Yerusalem di kaki Temple Mount,” tandasnya.

Temple Mount merupakan situs puncak bukit yang oleh warga Yahudi dinilai sebagai tempat paling suci dalam Yudaisme (agama Yahudi) dan lokasi di mana terdapat beberapa tempat-tempat paling suci dalam Alkitab.

Di kawasan itu juga terdapat Masjid Al Aqsa, situs tersuci ketiga bagi ummat Islam. Sejak Israel merebut kawasan itu pada tahun 1967, warga Yahudi tetap diizinkan datang, tetapi tidak untuk berdoa di sana.

Sebelumnya, seorang menteri garis keras Israel mengunjungi lokasi yang sensitif itu dan memicu ketegangan dengan Palestina.

Lawatan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir pada hari Minggu, kunjungan keduanya yang diketahui sejak ia menjadi anggota pemerintah Israel yang berhaluan paling kanan, telah menuai kecaman dari Palestina – juga dari Mesir dan Yordania.

Lawatan itu dilakukannya beberapa hari setelah warga Israel memperingati Hari Yerusalem, untuk memperingati penahklukan bagian timur Yerusalem oleh Israel dalam perang Timur Tengah tahun 1967. [em/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG