Tautan-tautan Akses

Nepal Selatan Adakan Pemilu Putaran Kedua dan Akhir


Seorang wanita tersenyum saat memasukkan surat suaranya ke dalam kotak suara pada pemilihan parlemen dan provinsi di Distrik Sindhupalchok, Nepal, 26 November 2017. (Foto: dok).

Jutaan pemilih di Nepal menuju tempat-tempat pemungutan suara dalam sebuah pemilihan bersejarah yang melengkapi transisi negara itu ke demokrasi penuh.

Pemungutan suara hari Kamis ini (7/12) adalah putaran kedua dan terakhir pemilihan yang akan secara resmi membentuk tujuh majelis provinsi, serta memilih 275 anggota parlemen. Sekitar 12 juta pemilih di Nepal selatan akan memberikan suara pada putaran kedua hari Kamis, dan pemilihan serupa telah diadakan di Nepal utara pada tanggal 26 November. Majelis yang baru terpilih akan memberi nama provinsi-provinsi yang baru dibentuk dan merancang undang-undang provinsi.

Ribuan polisi dan tentara telah ditempatkan di TPS-TPS untuk mencegah terulangnya kekerasan seperti yang terjadi menjelang pemilihan putaran pertama, yang mengakibatkan satu orang tewas dan puluhan lainnya cedera. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG