Tautan-tautan Akses

Nelayan El Salvador Selamat Setelah 13 Bulan Terdampar


Keluarga nelayan yang terdampar Jose Salvador Alvarenga
Keluarga nelayan yang terdampar Jose Salvador Alvarenga

Seorang nelayan usia 37 tahun dari El Salvador yang terdampar di Kepulauan Marshall mengatakan kepada pihak berwenang ia selamat dalam pelayaran 13 bulan menyeberangi Lautan Pasifik dengan meminum air kencing sendiri, makan daging mentah kura-kura, ikan dan burung.

Jose Salvador Alvarenga mengatakan ia berangkat dari Meksiko Selatan bulan Desember 2012 untuk ekspedisi menangkap hiu selama satu hari. Ketika perahu serat gelasnya yang berukuran tujuh meter kehilangan tenaga, ia mulai hanyut hingga terdampar 11 ribu kilometer jauhnya. Ia mengatakan terpaksa membuang mayat teman perjalanannya yang meninggal.

Pihak berwenang belum mengkonfirmasi keterangan itu dan sebagian meragukan kebenarannya.

Tapi pelatih keselamatan laut dan bekas penyelam angkatan laut Amerika Crownover mengatakan pengalaman Alvarenga mungkin saja terjadi.

Crownover, Direktur Lembaga Pelatihan Keselamatan Laut dari University of Louisiana at Lafayette tidak sendirian. Penduduk Kepulauan Marshall dan pembuat film Jack Niedenthal kepada CNN dan VOA percaya bahwa keterangan tersebut tidak dibuat-buat. Apalagi setelah melihat alasan Alvarenga yang keberatan untuk berbicara kepada media setelah ditemukan karena kelelahan.
XS
SM
MD
LG