Tautan-tautan Akses

13 Negara Serukan Kerja Sama untuk Kurangi Dampak Ekonomi Akibat Corona


Burung merpati di lapang Santo Markus yang lengang di Venesia, Italia setelah penerapan aturan tinggal di rumah untuk mencegah penularan Covid-19, 6 April 2020.

Tiga belas negara, Sabtu (18/4), menyerukan kerja sama global untuk mengurangi dampak ekonomi dari pandemi virus corona, sementara infeksi dan kematian terus meningkat di seluruh dunia.

Negara-negara itu, yang termasuk Inggris, Indonesia, Jerman, Singapura, Turki dan Kanada, mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa "Penting untuk kita bekerja sama untuk menyelamatkan nyawa dan mata pencaharian."

Kelompok itu, yang juga melibatkan Italia, Brasil, Perancis, Meksiko, Korea Selatan, Maroko dan Peru, berjanji untuk "bekerja sama dengan semua negara untuk melakukan koordinasi dalam bidang kesehatan masyarakat, perjalanan, perdagangan, serta upaya ekonomi dan finansial untuk meminimalisir disrupsi dan agar pulih lebih kuat."

Tanda-tanda awal bahwa pembatasan untuk mengendalikan wabah di Eropa membuahkan hasil, telah memicu pihak berwenang di Spanyol dan Perancis untuk mulai membongkar sejumlah rumah sakit darurat. Namun sebagian besar pejabat pemerintah dan pejabat kesehatan masyarakat masih sangat berhati-hati dalam melonggarkan pembatasan, meskipun merugikan perekonomian. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG