Tautan-tautan Akses

Negara-negara Eropa Minta Pengecualian Sanksi AS Terkait Iran


Menteri ekonomi Perancis, Bruno Le Maire memberikan pernyataan di Paris.
Menteri ekonomi Perancis, Bruno Le Maire memberikan pernyataan di Paris.

Inggris, Perancis, dan Jerman telah secara resmi meminta agar perusahaan-perusahaan Eropa yang menjalin bisnis dengan Iran dibebaskan dari sanksi-sanksi AS yang akan diberlakukan terhadap Iran menyusul penarikan mundur AS dari sebuah kesepakatan nuklir global.

Para menteri dari ketiga negara Eropa itu mengatakan, mereka sangat menyesalkan keputusan Presiden AS Donald Trump bulan lalu untuk mundur dari kesepakatan itu melalui sebuah surat, Senin lalu, yang ditujukan ke Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

"Sebagai sekutu, kami berharap Amerika Serikat akan menahan diri untuk tidak mengambil tindakan yang akan merugikan kepentingan keamanan Eropa,“ tutur surat tersebut.

Menteri ekonomi Perancis Bruno Le Maire mengatakan, ketiga negara tersebut dan negara-negara Eropa lainnya meminta AS “untuk membebaskan perusahaan-perusahaan Eropa yang melakukan perdagangan sah di Iran dari semua sanksi-sanksi ekstrateritorial Amerika.”

Trump mengatakan, kesepakatan tahun 2015, yang ditujukan untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi, tidak cukup keras bagi Teheran. Trump mengatakan, sanksi-sanksi AS akan diberlakukan terhadap perusahaan apapun yang menjalin bisnis dengan Eropa..

Banyak perusahaan Eropa dan AS bergegas berinvestasi di Iran sejak perjanjian itu mulai berlaku pada 2016 dan sanksi-sanksi dicabut. Perusahan-perisahaan itu pula lah yang paling merugi karena pemberlakuan kembali sanksi-sanksi tersebut. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG