Tautan-tautan Akses

Negara-negara Arab Sunni Mulai Longgarkan Embargo Terhadap Qatar


Gedung-gedung pencakar langit di Doha, Qatar, 20 Desember 2019. (Foto: dok).

Arab Saudi, Bahrain, dan Mesir pekan ini mulai memulihkan layanan pos ke Qatar, sebuah isyarat baru yang menunjukkan bahwa embargo yang diberlakukan empat negara Arab yang mayoritas penduduknya Sunni hampir tiga tahun lalu mulai melonggar.

Uni Emirat Arab sudah memulihkan layanan pos ke Qatar itu mulai 9 Februari, menurut Universal Postal Union (UPU), organisasi PBB yang bertanggung jawab mengkoordinasikan layanan pos dunia.

"Saya menyambut hangat pemulihan layanan pos antar negara-negara itu,” kata Dirjen UPU Bishar Hussein, berbicara di markas besar organisasi itu di Jenewa, Swiss.

Kesultan Oman dan Kuwait menolak bergabung dengan blokade yang diberlakukan Arab Suadi dan Uni Emirat Arab sejak Juni 2017.

Oman and Kuwait terus mendukung mediasi untuk membangun kembali persatuan Dewan Kerjasama Teluk yang saat ini mengalami perpecahan.

Meski demikian, Qatar masih menghadapi blokade laut, darat dan udara. Layanan pos ke dan dari Qatar dikelola dengan memanfatkan Oman sebagai negara transit. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG