Tautan-tautan Akses

NATO akan Bangun Pusat Antariksa di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman


Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada hari Kamis (22/10) mengukuhkan bahwa aliansi militer itu akan mendirikan pusat antariksa di pangkalan Komando Udara Sekutu di Ramstein, Jerman.

Berbicara di Brussels setelah konferensi secara virtual para menteri luar negeri NATO, Stoltenberg mengukuhkan laporan mengenai pusat luar angkasa yang dirilis sebelumnya pekan ini oleh kantor-kantor berita Eropa.

Dalam rapat Desember lalu, Stoltenberg mendeklarasikan “luar angkasa sebagai domain operasional NATO, dan hari ini kami mengambil langkah penting lainnya.”

Dalam komentarnya, kepala NATO itu mengatakan pusat komando antariksa Sekutu itu akan membantu mengoordinasikan kegiatan antariksa Sekutu dan memberikan dukungan untuk misi dan operasi NATO dari antariksa dengan menggunakan komunikasi dan citra satelit. Stoltenberg mengatakan sistem itu juga akan membantu melindungi sistem antariksa negara-negara sekutu NATO dengan berbagi informasi tentang potensi ancaman.

Stoltenberg telah berulang kali mengatakan NATO tidak tertarik dengan “militerisasi” antariksa. Tetapi, hari Kamis dia mengatakan ancaman terhadap satelit dan sistem antariksa NATO adalah nyata. [lt/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG