Tautan-tautan Akses

NASA, SpaceX Kirim 4 Astronaut ke ISS


Astronaut Mike Hopkins (tengah), disambut oleh astronaut Kate Rubins (kiri) saat ia memasuki Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dari ruang depan antara kapsul SpaceX Dragon dan ISS, Selasa pagi, 17 November 2020. (NASA TV via AP)

Empat astronaut telah tiba di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) dalam misi rotasi awak pertama NASA yang menggunakan pesawat antariksa komersial.

Tiga astronaut AS dan satu Jepang, tiba setelah perjalanan 27,5 jam dengan pesawat Crew Dragon SpaceX. Misi mereka dijadwalkan berlangsung selama sekitar enam bulan.

Mereka bergabung dengan dua kosmonaut Rusia dan seorang astronot Amerika yang terbang ke ISS bulan lalu dari Kazakhstan. Para awak yang tiba disambut dengan tepuk tangan dan pelukan.

“Ini merupakan perjalanan yang luar biasa,” kata komandan misi Mike Hopkins dalam upacara penyambutan. “Kami sangat gembira berada di sini.”

Presiden badan antariksa Jepang JAXA, Dr. Yamakawa Hiroshi, mengatakan misi itu telah “mengilhami keberanian dan kegembiraan semua warga negara Jepang.”

Astronaut Jepang Soichi Noguchi mengatakan empat awak baru “sangat terhormat dan gembira” berada di ISS dan “siap untuk bekerja.”

Selama berada di ISS, para awak akan melakukan serangkaian eksperimen ilmiah, termasuk menanam radis dan menggunakan gravitasi mikro untuk menguji coba obat leukemia. Mereka juga membawa toilet baru yang didesain ulang, yang menurut NASA akan membantu mempersiapkan misi mendatang ke Bulan dan Mars. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG