Tautan-tautan Akses

AS

NASA Peringati 30 Tahun Teleskop Hubble dengan Luncurkan Foto Baru


Teleskop Luar Angkasa Hubble (HST) setelah dilepas dari pesawat ulang-alik (Space Shuttle Discovery) pada misi kedua (HST SM-02), 19 Februari 1997. (Foto: REUTERS/NASA/Handout).

Badan Antariksa Amerika (NASA) merilis kumpulan lebih dari 50 foto yang baru diproses dari arsipnya untuk merayakan dan memperingati observatorium luar angkasa.

Foto-foto terbaru itu memperlihatkan 30 gugus bintang, nebula dan galaksi yang dapat dilihat dari halaman belakang rumah kita sendiri.

Teleskop Hubble telah melakukan lebih dari 1,4 juta observasi dan terus bertambah dalam 30 tahun terakhir.

Foto-foto yang baru saja dirilis, yang belum pernah diproses dan dirilis oleh NASA hingga saat ini, memperlihatkan objek di dalam katalog Caldwell berupa kumpulan gugus bintang, nebula dan galaksi yang dapat diamati oleh astronom amatir di belahan bumi utara dan selatan.

Seluruh objek ini dapat dilihat dengan teleskop di halaman belakang, beberapa di antaranya bahkan dengan menggunakan teropong atau dengan mata telanjang.

“Anda memiliki kesempatan yang sangat bagus untuk melihat seluruh alam semesta berubah dan berevolusi hanya dengan melihatnya dari jarak yang berbeda-beda dan bagaimana mereka melihat dengan teleskop Hubble sesuatu yang jauh hingga miliaran tahun cahaya hingga sampai ke kita dan seterusnya,“ kata astronom NASA, Michelle Thaller. [lj/uh]

XS
SM
MD
LG