Tautan-tautan Akses

Murid SMP dan SMA Florida Wajib Ikut Program Kesehatan Mental


Murid kelas enam hingga kelas dua belas di sekolah negeri di Florida diwajibkan belajar tentang kesehatan mental mulai tahun ini. (Foto: ilustrasi).
Murid kelas enam hingga kelas dua belas di sekolah negeri di Florida diwajibkan belajar tentang kesehatan mental mulai tahun ini. (Foto: ilustrasi).

Dewan Pendidikan Florida menyetujui peraturan baru yang mengharuskan murid kelas enam hingga kelas dua belas di sekolah negeri mendapat pelajaran tentang kesehatan mental.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan Dewan Pendidikan Florida, waktu adalah faktor yang sangat penting. Diperkirakan satu dari lima remaja di Florida dan di seluruh dunia pernah mengalami gangguan mental sebelum mencapai usia 25 tahun.

Dalam program tentang kesehatan mental berdurasi lima jam itu,murid-murid diajarkan untuk mengenali tanda dan gejala depresi serta cara untuk menanganinya.

Hal itu juga ditujukan agar masalah kesehatan mental tidak dipandang sebagai aib. Murid-murid diharapkan dapat membantu teman mereka yang sedang mengalami depresi.

Florida Mewajibkan Program Kesehatan Mental bagi Murid SMP dan SMA
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:01:35 0:00

Mengapa program kesehatan mental itu diberikan kepada murid-murid mulai dari kelas enam? Valerie Berrin, direktur operasi organisasi nirlaba HIP (Health Information Project) di Florida menjelaskan, mereka mengamati banyak hal yang dialami oleh murid sejak dari SMP hingga SMA, di antaranya disebabkan oleh media sosial, stres, masalah keluarga, masalah di sekolah dan masalah dengan teman.

Menurut data statistik, jumlah remaja yang mengalami depresi berat di negara bagian Florida meningkat dari 11,93 persen menjadi 12,63 persen tahun lalu. Data itu juga menunjukkan bahwa sebanyak 62 persen remaja dari jumlah tersebut tidak mendapat perawatan untuk mengatasi gangguan depresi mereka. [lj/uh]

Sumber: wjct.org, sun-sentinel.com

XS
SM
MD
LG