Tautan-tautan Akses

Mumi dan Patung, Bagian dari Penemuan Besar Terbaru dekat Luxor


Para arkeolog, ahli purbakala di Mesir mengungkap penemuan besar terbaru di dekat Luxor, Selasa (18/4).

Para arkeolog - ahli purbakala di Mesir telah menemukan patung-patung, peti jenazah dan beberapa mumi di sebuah makam berusia 3.500 tahun. Ini merupakan penemuan yang besar

Menurut Kementerian Purbakala, makam yang terletak di tepi barat Sungai Nil dekat Luxor, diduga dibangun antara 1.500 dan 1.000 tahun sebelum masehi, kemungkinan untuk seorang hakim.

Kuburan yang terletak di Makam Draa Abul Nagaa itu tidak jauh dari Lembah makam Para Raja, terdiri dari sebuah halaman yang mengarah ke dua ruangan. Di salah satu lorong terdapat empat peti mati berwarna-warni, sedang di tempat yang lain terdapat enam.

Menurut Kantor Berita Associated Press, kepala urusan makam itu, adalah , Mostafa el-Waziri, mengatakan, daerah lain berisi patung-patung yang merupakan makam keluarga raja dari dinasti sebelumnya.

"Ini merupakan kejutan mengingat banyaknya artifak yang diperagakan di dalam makam itu , kata Menteri urusan Purbakala Khaled el-Enany kepada wartawan, demikian dilaporkan Al Jezeera.

"Kami menemukan sejumlah besar Ushabti atau patung-patung ukiran kecil, lebih dari 1.000. Ini merupakan penemuan penting," tuturnya.

Diduga lebih banyak penemuan akan diperoleh, termasuk lebih banyak mumi. [sp/jm]

XS
SM
MD
LG