Tautan-tautan Akses

Modi Beri Sambutan di KTT Virtual ASEAN-India 


PM India Narendra Modi (tengah, di layar kiri) berbicara dengan PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc (layar kanan) pada KTT ASEAN-India yang diadakan secara virtual karena pandemi Covid-19 di Hanoi, 12 November 2020. (Foto: Nhac NGUYEN / AFP)

Perdana Menteri India Narendra Modi, Kamis (12/11) mengatakan ada "banyak kesamaan" antara inisiatif keamanan maritim India dan Asia Tenggara di Indo-Pasifik.

Modi berkomentar demikian pada pertemuan puncak secara virtual dengan para pemimpin negara-negara di Asia tenggara atau ASEAN.

Para pemimpin ASEAN diharapkan melaporkan kemajuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), kesepakatan perdagangan bebas utama yang akan ditandatangani akhir pekan ini.

India termasuk di antara anggota perundingan awal tetapi keluar dari pakta tersebut tahun lalu. India mengatakan perjanjian itu tidak lagi memenuhi kepentingannya.

Meski demikian negara-negara anggota RCEP, menyatakan terbuka jika India kembali. Jika India bergabung, perjanjian perdagangan itu akan mencakup hampir separuh ekonomi global.

RCEP sedang dirundingkan di antara sepuluh negara ASEAN dan negara-negara di luar ASEAN, termasuk Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru. [my/lt]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG