Tautan-tautan Akses

Mobil Barat Hengkang, Meski Enggan Orang Rusia Mulai Lirik Mobil China


Pengunjung melihat mobil-mobil terbaru dari produsen mobil China NIO selama Shanghai Auto Show di Shanghai pada Selasa, 20 April 2021, sebagai ilustrasi. (Foto: AP)
Pengunjung melihat mobil-mobil terbaru dari produsen mobil China NIO selama Shanghai Auto Show di Shanghai pada Selasa, 20 April 2021, sebagai ilustrasi. (Foto: AP)

Ketika eksodus produsen mobil Barat mempersempit pilihan bagi konsumen Rusia, mau tidak mau orang Rusia harus berdamai dengan keengganan mereka untuk membeli mobil merek China dengan harga yang lebih mahal.

Merek-merek mobil China seperti Haval, Chery dan Geely saat ini menyumbang hampir 40 persen dari penjualan mobil baru Rusia, melahap pangsa pasar yang ditinggalkan oleh perusahaan automotif barat, seperti Renault, Nissan dan Mercedes. Padahal, porsi mobil merek-merek China masih berkisar kurang dari 10 persen pada Januari-Februari 2022.

Namun ternyata mobil-mobil China tersebut membawa masalah baru. Reuters berbicara dengan beberapa pembeli mobil Rusia , baik individu dan dealer, yang menganggap kualitas beberapa mobil China lebih rendah daripada mobil-mobil dari Barat. Pakar industri otomotif mengatakan pabrikan China perlu meningkatkan reputasi mereka bahkan ketika pangsa pasar mereka melonjak.

Stepan, 28 tahun, yang semakin sering mengendarai mobil China saat menggunakan layanan carsharing, mengeluhkan kelancaran berkendara dengan mobil China.

Pengunjung menyaksikan mobil jenis SUV bertenaga listrik yang diproduksi oleh pembuat mobil China NIO selama China Auto Show di Beijing. (Foto: AP)
Pengunjung menyaksikan mobil jenis SUV bertenaga listrik yang diproduksi oleh pembuat mobil China NIO selama China Auto Show di Beijing. (Foto: AP)

"Saya membeli Skoda pada 2022. Jika Anda tanya pendapat jujur saya, perbedaannya (dengan mobil China) sangat besar," katanya kepada Reuters di dealer Favorit Motors Moskow.

Produsen mobil Ceko Skoda Auto, anak perusahaan Volkswagen Group sedang dalam kesepakatan tahap akhir untuk menjual aset Rusia sebagai sanksi Barat setelah Moskow mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari 2022. Skoda juga salah satu dari beberapa produsen automotif arat yang memproduksi mobil secara lokal.

Mantan presiden Rusia Dmitry Medvedev mengatakan pada Jumat (24/3) setelah kunjungan ke China pada Desember bahwa kerja sama dengan pabrikan China berjalan sangat baik dan persepsi konsumen tentang mobil China sudah ketinggalan zaman.

"Kami biasa menertawakan beberapa desain mereka, tetapi saya pergi dengan mobil lokal dan melihat yang lain," katanya. "Saya akan mengatakan terus terang: mobil yang saya kendarai pasti tidak lebih buruk dari Mercedes,” tukasnya.

Sebagian besar produsen otomotif Barat, yang telah bersaing dengan pembuat mobil domestik untuk mendapatkan pangsa pasar sejak mereka mulai membangun pabrik di Rusia pada awal 2000-an, menghentikan operasinya musim semi lalu.

"Seumur hidup kami berfokus pada merek-merek Eropa, Jepang, Amerika dan tidak secara khusus memperhitungkan pasar China, yang telah berkembang dengan kecepatan luar biasa," kata Vladimir Shestak, Direktur Umum Altair-Auto di Vladivostok, yang mempunyai dealer khusus menjual mobil-mobil merek Mercedes-Benz dan Geely.

Meskipun sebagian besar perusahaan asing telah dan dalam proses hengkang dari Rusia tetapi beberapa perusahaan tetap menjual stok mobil tersisa.

Seorang perempuan mengambil foto interior mobil China Geely Auto di bawah merek elektrik barunya Geometry selama pameran Auto Shanghai 2019 di Shanghai, Selasa, 16 April 2019. (Foto: AP)
Seorang perempuan mengambil foto interior mobil China Geely Auto di bawah merek elektrik barunya Geometry selama pameran Auto Shanghai 2019 di Shanghai, Selasa, 16 April 2019. (Foto: AP)

Merek Lada produsen domestik Avtovaz adalah yang paling populer di Rusia. Renault, melalui kepemilikan saham mayoritas di Avtovaz, memiliki pangsa pasar tertinggi di antara produsen asing sebelum Rusia memulai apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina.

Mobil China semakin mengisi kekosongan pasokan mobil di Rusia, tetapi kurangnya reputasi mobil-mobil tersebut tetap menjadi masalah, kata pakar industri otomotif Sergey Aslanyan.

"Ya, mereka hampir tidak memiliki pesaing lagi di sini," katanya. "Tapi itu tidak berarti orang akan mengubah pendapat mereka dengan cepat."

Pangsa pasar merek China mencapai 37,15 persen pada Januari-Februari, naik dari 9,48 persen dari tahun sebelumnya, menurut data Autostat dan PPK. Penjualan merek Eropa, Jepang dan Korea yang hengkang, turun menjadi 22,6 persen dari 70 persen.

Sebagai tanda kerja sama yang berkembang, Haval China saat ini memproduksi mobil secara lokal, sementara di Moskow, Moskvich era Soviet yang dihidupkan kembali dengan menggunakan suku cadang mesin, desain dan teknik dari JAC China.

Namun konsumen juga mengeluhkan masalah harga. Bahkan Medvedev mengatakan harga Moskvich terlihat agak tinggi. Model 3 berharga sekitar 2 juta rubel atau setara dengan Rp397 miliar. Harga Lada Granta, mobil yang paling banyak terjual di Rusia, mulai dari sekitar 680.000 rubel.

"(Orang Cina) mendatangkan banyak mobil, tetapi jika kita berbicara tentang harga, bukan kualitas, tidak ada mobil murah sama sekali," kata Maxim Kadakov, pemimpin redaksi majalah "Behind the Wheel.” [ah/ft]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG