Tautan-tautan Akses

Militer Suriah Mengatakan Israel Serang Wilayah di Sekitar Damaskus


Gambar pada 20 November 2019 menunjukkan asap dan api mengepul saat serangan udara Israel di pinggiran Damaskus. (Foto: AFP)
Gambar pada 20 November 2019 menunjukkan asap dan api mengepul saat serangan udara Israel di pinggiran Damaskus. (Foto: AFP)

Militer Suriah mengatakan Israel melancarkan serangan roket Minggu malam (28/2) terhadap target-target di Damaskus.

Sebuah pernyataan militer Suriah mengatakan serangan itu datang dari Dataran Tinggi Golan dan bahwa militer menembak jatuh sebagian besar rudal-rudal itu.

Juru bicara militer Israel menolak berkomentar.

Dalam pengarahan kepada para pendukung partainya Jumat (26/2), Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan Israel mengambil langkah "hampir setiap minggu" untuk mencegah dibangunnya benteng Iran di Suriah.

Sumber-sumber intelijen regional mengatakan Pasukan Quds Iran dan milisi yang didukungnya telah menyebar di Suriah dalam beberapa tahun belakangan, termasuk dalam bentuk pangkalan bawah tanah di luar Damaskus.

Dalam beberapa tahun belakangan, Israel sering menyerang apa yang disebutnya sasaran terkait Iran di Suriah. Israel juga meningkatkan serangan tahun ini. Sumber-sumber intelijen Barat menyebut aksi Israel itu sebagai perang bayangan untuk mengurangi pengaruh Iran. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG