Tautan-tautan Akses

Militer AS: Pemimpin Al-Qaida Tewas Dalam Serangan di Libya


Peta Ubari, Libya
Peta Ubari, Libya

Seorang pejabat tinggi al-Qaida termasuk salah satu dari dua teroris yang tewas dalam serangan udara gabungan AS-Libya pada Sabtu (24/3) di Libya barat daya.

Para pejabat AS sebelumnya mengakui serangan dekat Kota Ubari itu, tetapi hanya mengatakan menewaskan dua teroris.

Komando AS di Afrika, AFRICOM, Rabu (28/3), membenarkan bahwa serangan itu, yang pertama menarget al-Qaeda di Libya, menewaskan Musa Abu Dawud. Dawud melatih anggota cabang al-Qaida di Libya di Maghrebi Islam (AQIM).

AFRICOM juga mengatakan Dawud memberi AQIM senjata, dukungan logistik dan keuangan yang memungkinkan kelompok itu "mengancam dan menyerang kepentingan AS dan Barat di kawasan ini."

Menurut Kelompok intelijen SITE yang memantau peringatan ancaman jihadis, seorang pelaku jihad al-Qaeda pada Rabu juga mengkonfirmasi kematian Dawud dalam serangan AS itu.

Pada Mei 2016, Amerika mencantumkan Dawud dalam Daftar Khusus Teroris Global. Ini adalah daftar nama orang-orang yang telah melakukan atau berisiko melakukan tindakan teroris terhadap AS.

Serangan udara AS sebelumnya di Libya difokuskan pada kelompok teror ISIS, yang pada puncaknya berjumlah lebih dari seribu kali. [my/ds]

XS
SM
MD
LG