Tautan-tautan Akses

AS

Militer AS Kehabisan Waktu Bangun RS Sebelum Puncak COVID-19


Personel militer AS mengenakan masker wajah tiba di Jacob K. Javits Convention Center, di tengah wabah virus corona yang melanda Manhattann, New York, 7 April 2020. (Foto: Reuters)

Kepala Korps Teknisi Angkatan Darat Amerika memperingatkan, timnya "mulai kehabisan waktu" untuk membangun rumah sakit darurat baru guna menambah kapasitas dalam memerangi virus corona di seluruh negeri.

Kepada wartawan, Rabu (8/4), Letjen Todd Semonite mengatakan, militer harus mulai membangun rumah sakit sementara itu "dalam satu minggu ini" supaya bisa selesai sebelum jumlah kasus virus corona memuncak.

Korps Teknisi Angkatan Darat mengubah 17 lokasi di seluruh Amerika menjadi rumah sakit, dengan total sekitar 15 ribu tempat tidur. Lebih dari 20 fasilitas lain masih menunggu, yang jika selesai, bisa menyediakan sekitar 8.500 tempat tidur lagi.

Semonite mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Federal, serta pemerintah daerah dan negara bagian, seharusnya sudah memutuskan apa yang akan dilakukan rumah sakit sementara itu kalau puncak COVID-19 berakhir.

Militer Amerika mungkin membantu membongkar rumah sakit itu atau membiarkannya supaya siap bila kemungkinan wabah virus corona terjadi lagi pada musim gugur.[ka/ft]

XS
SM
MD
LG