Tautan-tautan Akses

Militan ISIS Rusuh dan Kabur dari Penjara di Suriah


Sebuah sel penjara di Hasakeh, timur laut Suriah. (Foto: dok).

Pasukan Kurdi yang didukung AS mencari tahanan yang tidak diketahui jumlahnya, yang kabur dari sebuah penjara di Suriah Timur Laut, Minggu (29/3).

Penjara Goiran di provinsi Al-Hasak adalah satu dari beberapa penjara di mana Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menahan ribuan anggota ISIS, setelah mereka memainkan peran penting dalam mengusir kelompok militan itu.

Rubar Hussein, seorang komandan SDF dan juga kepala penjara, mengatakan, sekelompok militan melakukan kerusuhan, menghancurkan kamera keamanan, mendobrak pintu dan menguasai salah satu lantai penjara.

Ia mengatakan upaya pencarian tahanan yang kabur sedang dilakukan.

Koalisi pimpinan AS menyatakan membantu SDF dengan pengintaian udara di lokasi itu, dan mengidentifikasi populasi penjara itu sebagai “anggota ISIS tingkat rendah.”

Di antara militan yang ditahan SDF di penjara-penjaranya terdapat sekitar 2.000 anggota ISIS dari negara-negara lain yang melakukan perjalanan ke Suriah. SDF telah meminta bantuan negara-negara tersebut untuk membawa pulang warga negara mereka.

“Masalah ini adalah masalah semua negara,” kata Hussein. “Sementara para tahanan itu di sini bersama kami, banyak negara yang berpaling dari kami dan mereka tidak membantu kami. Kami berharap mendapat bantuan sebagaimana yang dijanjikan,” lanjutnya. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG