Tautan-tautan Akses

Meski Kasus Corona Terus Meningkat, India Makin Longgarkan Lockdown


Para penumpang antre di luar stasiun kereta api Hyderabad, India, Senin, 1 Juni 2020.

Lebih banyak negara bagian dibuka kembali di India, Senin, bertepatan dengan dimulainya tahap tiga pencabutan lockdown nasional, meski jumlah kasus baru masih menunjukkan tren yang meningkat di banyak wilayah,

Berbagai bisnis dan toko kembali beroperasi. Kerumunan orang terlihat di jalan-jalan. Dinas layanan kereta antarkota mengerahkan 200 kereta penumpang khusus tambahan. Beberapa negara bagian bahkan membuka kembali pintu perbatasan mereka.

Negara bagian Maharashtra, di mana Mumbai dan Bollywood berlokasi, telah mengizinkan dimulainya kembali produksi film dengan sejumlah pembatasan. Di New Delhi, ibu kota, pihak berwenang mengumumkan pembukaan semua industri dan salon, tapi masih menutup perbatasan hingga 8 Juni dalam usaha mencegah peningkatan kasus baru Covid-19.

Meski social distancing dan penggunaan masker masih diwajibkan di seluruh India, sejumlah orang terlihat mengabaikan peraturan-peraturan itu. Di Prayagraj, sebuah kota di negara bagian Uttar Pradesh, ratusan penganut ajaran Hindu mandi di Sungai Gangga, mengabaikan larangan berkumpul di tempat-tempat suci keagamaan.

Sementara kebijakan lockdown diperlonggar, jumlah kasus virus corona di India terus meningkat. Pada Senin, India mencapai posisi ke-7 negara yang paling parah dilanda virus corona, melampaui Jerman dan Prancis, seiring jumlah kasusnya yang meningkat menjadi lebih dari 190.000 termasuk 5.400 kematian.

Kasus-kasus baru umumnya terkonsentrasi di enam negara bagian, termasuk New Delhi. Banyak pihak mengkhawatirkan, lockdown yang mulai diberlakukan dua bulan lalu telah terlalu dini dilonggarkan. Ada kecemasan, virus itu kini sedang menyebar di desa-desa di India karena jutaan pekerja yang kehilangan pekerjaan di-kota-kota besar kembali ke kampung halaman mereka masing-masing. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG