Tautan-tautan Akses

Merriam-Webster: Kata Utama Tahun 2020 'Pandemi'


"Pandemic" (Pandemi), terpilih sebagai kata utama tahun 2020 menurut Merriam-Webster.

Merriam-Webster, Senin (30/11) mengumumkan "pandemic" atau pandemi sebagai "word of the year" atau kata utama tahun 2020.

Editor Merriam-Webster, Peter Sokolowski, mengatakan kepada kantor berita Associated Press menjelang pengumuman itu bahwa kata 'pandemic' menjadi populer sejak Maret. Itu adalah bulan ketika Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) mendeklarasikan krisis virus corona sebagai pandemi.

Ketertarikan publik terhadap kata itu di situs Merriam-Webster.com sangat tinggi sepanjang tahun ini.

Sokolowski mengatakan pencarian kata 'pandemic' pada 11 Maret 115.806 persen lebih tinggi dibandingkan pencarian pada tanggal yang sama tahun lalu.

Pandemic berakar dari bahasa Latin dan Yunani, adalah perpaduan antara "pan" atau bagi semua, dan "demos" atau bagi rakyat atau populasi, jelas Sokolowski. Kata pandemic telah digunakan sejak pertengahan 1600-an untuk penggunaan "universal." Dan mulai digunakan secara khusus untuk merujuk penyakit dalam teks medis pada 1660-an, setelah terjadinya wabah pada Abad Pertengahan, tambah Sokolowski.

Kata-kata lain yang juga banyak dicari adalah 'kraken', 'mamba' dan 'defund' (kurangi anggaran)'. Salah satu kata favorit President AS terpilih Joe Biden yaitu 'malarkey (omong kosong)' juga sangat populer. (vm/ka)

XS
SM
MD
LG