Tautan-tautan Akses

Menteri Unifikasi Korsel Mengundurkan Diri


Menteri Unifikasi Korea Selatan, Kim Yeon-chul meninggalkan kompleks kantor pemerintah di Seoul, Korea Selatan, 19 Juni 2020.

Menteri Unifikasi Korea Selatan, Jumat (19/6) mengundurkan diri terkait meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea, beberapa hari setelah Korea Utara menghancurkan kantor kerja samanya dengan Korea Selatan.

"Presiden Moon Jae-in menerima surat pengunduran diri Menteri Unifikasi Kim Yeon-chul,” sebut kantor presiden dalam suatu pernyataan, tanpa memberi rincian lebih lanjut.

Kim, pejabat kunci bagi hubungan dengan Korea Utara sejak April tahun lalu, mengajukan pengunduran diri dari jabatannya itu hari Rabu (17/6). Ia menyatakan bertanggung jawab atas memburuknya hubungan antar-Korea.

Pada hari Selasa (16/6), Korea Utara menggunakan bahan-bahan peledak untuk menghancurkan bangunan kantor di wilayahnya, karena berang oleh selebaran propaganda dan pasokan bantuan Korea Selatan yang masuk ke wilayah Korea Utara.Hubungan antar-Korea telah membeku selama beberapa bulan setelah gagalnya pembicaraan tingkat tinggi di Hanoi, Vietnam, antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG