Tautan-tautan Akses

AS

Menteri Luar Negeri AS Pompeo Langsung Bekerja


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo (kanan), berbicara dengan Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson (kiri), dan Menteri Luar Negeri Belgia Didier Reynders (tengah), selama pertemuan Dewan Atlantik Utara di markas NATO di Brussel, Jumat, 27 April 2018.

Mike Pompeo yang baru saja menjalani sumpah jabatan langsung melakukan perjalanan pertamanya sebagai Menteri Luar Negeri Amerika untuk menghadiri pertemuan para menteri luar negeri NATO di Brussels, dan kemudian melawat ke Timur Tengah. Dia naik ke pesawat terbang hanya beberapa jam setelah pemungutan suara konfirmasi di Senat.

Menteri Luar Negeri Amerika yang baru, Mike Pompeo, tidak membuang-buang waktu dan langsung bekerja, sebagaimana dijelaskan oleh juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert sebelum pesawat lepas landas.

“Menteri Luar Negeri Mike Pompeo baru saja dilantik beberapa saat yang lalu oleh Hakim Agung Samuel Alito di gedung Mahkamah Agung, tidak lama setelah dia dikonfirmasi oleh Senat Amerika. Tidak ada menteri lain dalam sejarah yang telah melakukan perjalanan secepat yang dilakukannya,” kata Mike Pompeo.

Mantan Direktur badan intelijen Amerika CIA Mike Pompeo dilantik setelah Senat yang terbelah memberikan suara untuk mengonfirmasi tokoh yang dicalonkan oleh Presiden Donald Trump itu dengan dukungan seluruh senator Republik dan enam senator Demokrat. Selebihnya, 41 senator Demokrat dan seorang senator independen menentangnya.

“Apakah ada Senator di Sidang ini yang ingin memberikan suara, atau ingin mengubah suara mereka? Jika tidak, yang setuju adalah 57, yang tidak setuju 42. Nominasi ini dikonfirmasi," kata Senator Republik Ben Sesse.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell memuji Pompeo, yang telah bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam suatu perjalanan rahasia belum lama ini.

Menlu Mike Pompeo Langsung Terbang ke Luar Negeri Setelah Dilantik
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:58 0:00

“Ia mendapatkan kepercayaan dari Panglima Tertinggi dengan memberikan nasihat terbaik mengenai isu-isu penting dan memimpin upaya-upaya untuk meletakkan dasar bagi negosiasi untuk denuklirisasi Semenanjung Korea,” kata Mitch McConnell.

Tetapi para senator Demokrat menyatakan kekhawatiran bahwa Pompeo mungkin terlalu dekat dengan Trump, dan terlalu cepat beralih ke solusi militer daripada diplomasi.

“Dia harus menjadi suara independen di Gedung Putih. Saya memiliki pertanyaan apakah dia akan menjadi suara independen itu. Dia perlu melibatkan sekutu kita. Begitulah cara kerja diplomasi kita. Dia harus menjadi suara paling keras untuk diplomasi dan keamanan nasional kita sehingga militer akan menjadi pilihan terakhir,” kata Senator Demokrat Ben Cardin.

Setelah pertemuan para menteri luar negeri NATO di Brussels, Mike Pompeo akan melakukan perjalanan ke Timur Tengah, di mana kesepakatan nuklir Iran kemungkinan akan menjadi salah satu pokok pembicaraannya dengan para pemimpin Arab Saudi, Israel dan Yordania. [lt/uh]

XS
SM
MD
LG