Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Temui PM Inggris di London di Tengah Pandemi


PM Inggris Boris Johnson (kanan) menyambut Menlu AS Mike Pompeo di kediaman resminya, Downing Street, London, 21 Juli 2020. (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Selasa (21/7) mengadakan pembicaraan dengan salah satu sekutu terdekat Amerika sementara ketegangan dengan China mendominasi masalah-masalah internasional.

Pompeo bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Menteri Luar Negeri Dominic Raab, hanya beberapa jam setelah Inggris menangguhkan perjanjian ekstradisi dengan Hong Kong dan memblokir penjualan senjata ke bekas wilayah Inggris itu setelah China memberlakukan undang-undang keamanan nasional baru yang keras.

Duta Besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming memperingatkan di Twitter bahwa Inggris harus "menanggung konsekuensi rusaknya hubungan bilateral." Ia menggambarkan tindakan baru itu sebagai campur tangan kotor pihak Inggris dalam urusan dalam negeri China.

Inggris menyusul Amerika, Australia dan Kanada dalam menangguhkan perjanjian ekstradisi dengan Hong Kong, yang menjadi wilayah administrasi khusus China setelah Inggris mengembalikan pengawasan wilayah itu pada Beijing pada tahun 1997.

Peristiwa di Hong Kong sangat sensitif bagi Inggris karena China sebelumnya menyetujui kebijakan "satu negara, dua sistem" yang dimaksudkan untuk melindungi tradisi ekonomi dan sosial wilayah tersebut selama 50 tahun setelah penyerahannya kepada China. [my/jm]

XS
SM
MD
LG