Tautan-tautan Akses

Menteri Keuangan Kanada Mengundurkan Diri


Menteri Keuangan Bill Morneau dalam pertemuan dengan delegasi China di Beijing, 12 November 2018.
Menteri Keuangan Bill Morneau dalam pertemuan dengan delegasi China di Beijing, 12 November 2018.

Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau, Senin (17/8), mengumumkan pengunduran dirinya di tengah memuncaknya ketegangan dengan Perdana Menteri Justin Trudeau mengenai pengeluaran untuk biaya pandemi.

"Sementara kita memasuki sebuah tahap baru melawan pandemi, sudah waktunya bagi Menteri Keuangan baru untuk melaksanakan proyek ini," kata Morneau dalam konferensi pers.

"Itulah sebabnya saya mengundurkan diri dari tugas-tugas saya sebagai menteri keuangan dan anggota Parlemen," tambahnya setelah pertemuan dengan Trudeau.

Morneau yang memegang jabatan itu sejak 2015 mengumumkan bahwa ia bermaksud mencalonkan diri untuk jabatan Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD).

Selama seminggu terakhir, beberapa media Kanada melaporkan perbedaan tajam antara Morneau dan Trudeau tentang bagaimana menghidupkan kembali ekonomi Kanada yang melemah akibat pandemi virus corona, tanpa membahayakan keuangan publik, sementara defisit diperkirakan telah mencapai lebih dari 340 miliar dolar.

Menteri Keuangan itu juga menjadi sasaran penyelidikan oleh Komisi Etika Kanada, terkait badan amal yang mempekerjakan putrinya. Pemerintah memberikan kontrak besar kepadanya tanpa ada tender atau penawaran lain. Penyelidikan itu juga menarget Trudeau, beberapa anggota keluarganya yang juga telah dibayar oleh badan amal itu. [ps/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG