Tautan-tautan Akses

Menteri Keamanan Luhansk, Ukraina Klaim Ambil Alih Kekuasaan


Pemimpin kawasan Luhansk, Ukraina yang pro-Rusia, Igor Plotnitsky (foto: dok).

Menteri Keamanan kawasan Luhansk, Ukraina mengatakan ia mengambil alih kekuasaan dari pemimpin regional Igor Plotnitsky, yang sebelumnya pekan ini mengatakan ada upaya kudeta untuk menyingkirkannya dari kekuasaan.

Menteri Keamanan Leonid Pasechnik hari Jumat (24/11) mengatakan ia mengambil alih kekuasaan setelah Plotnitsky meletakkan jabatan karena alasan kesehatan. Tidak ada verifikasi mengenai pernyataan itu dari Plotnitsky.

Kedua orang adalah bagian dari kelompok pemberontak pro-Rusia yang telah memimpin Luhansk selama beberapa tahun, tetapi akhir-akhir ini dilanda pertikaian di dalam.

Sebelumnya pekan ini, kawanan bersenjata menghalangi jalan-jalan di kota utama Luhansk. Plotnitsky mengatakan itu adalah upaya kudeta oleh para pendukung Igor Kornet, menteri dalam negeri Luhansk yang dipecatnya belum lama ini. Plotnitsky kemudian mengatakan, situasi sudah dapat dikendalikan.

Luhansk dan tetangganya, Donetsk, memberontak melawan kekuasaan Ukraina yang berbasis di Kyiv tahun 2014 dan menyatakan kemerdekaan. Rusia mengatakan pihaknya memantau situasi tetapi menyanggah memiliki pengaruh apapun atas pemberontak. [ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG