Tautan-tautan Akses

Menteri Jepang Usulkan Tinjau Ulang Larangan Ekspor Senjata Api


Menteri Pertahanan Jepang Toshimi Kitazawa
Menteri Pertahanan Jepang Toshimi Kitazawa

Menteri Pertahanan Jepang Toshimi Kitazawa bertekad mendorong peninjauan ulang atas larangan hampir seluruh ekspor senjata Jepang.

Media Jepang mengatakan Menteri Pertahanan Toshimi Kitazawa bertekad mendorong peninjauan ulang atas larangan hampir seluruh ekspor senjata Jepang.

Kantor berita Kyodo mengutip Toshimi Kitazawa yang mengatakan kepada wartawan Jepang ia memberitahu Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengenai rencananya dalam pertemuan pada hari Senin di Hanoi.

Kantor berita Kyodo mengutip Toshimi Kitazawa mengatakan Jepang perlu berpartisipasi dalam perkembangan teknologi internasional bersama, dan jika tidak, kemampuan pembuatan senjatanya akan menurun.

Usulan tersebut kemungkinan akan menjadi kontroversi di Jepang, di mana ada sentimen anti-militer mendalam yang berasal dari berakhirnya Perang Dunia Kedua. Toshimi Kitazawa mendapat kecaman kuat, ketika ia memberikan pernyataan yang sama pada bulan Januari.

Ide tersebut juga bisa merisaukan beberapa negara tetangga Jepang. Hubungan dengan Tiongkok sudah menegang akibat sengketa deretan pulau-pulau di Laut Cina Timur.

XS
SM
MD
LG