Tautan-tautan Akses

Menlu Turki akan Bertemu Menlu AS di Washington


Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu akan bertemu dengan Menlu Amerika Mike Pompeo di Washington hari Senin (4/6), di tengah memburuknya hubungan antara negara sekutu NATO dan mitra dagang itu, khususnya dalam bidang ekonomi.

Perundingan antara kedua Menlu itu diadakan ketika sektor industri Turki, seperti industri bajanya yang besar, sedang terpukul oleh tarif impor tinggi yang dikenakan Amerika atas Turki dan negara-negara lain.

“Dampaknya sangat, sangat besar. Produsen baja sedang kebingungan,” kata Tayfun Senturk, pedagang baja internasional di Turki.

“Selama tiga bulan terakhir, tidak ada pesanan baja sama sekali dari Amerika, dan Amerika adalah pasar besar bagi produsen baja Turki, khususnya yang menghasilkan pipa-pipa baja,” tambahnya.

Bulan Maret lalu, Presiden Trump mengumumkan pengenaan tarip impor baja sebesar 25 persen dari negara-negara penghasil baja. Turki tidak mendapat pengecualian seperti yang diberikan kepada Uni Eropa, Kanada dan Meksiko, yang berakhir hari Jumat ini.

“Ini sebetulnya adalah sengketa (Amerika) dengan China dan Uni Eropa. Mengapa Turki menjadi sasaran? Saya tidak mengerti,” kata Senturk.

Turki adalah produsen baja terbesar di dunia dan di Eropa berada pada urutan kedua setelah Jerman. Tahun lalu, Turki adalah pengekspor baja terbesar ke Amerika.

Selain tekanan pada industri manufaktur Turki, sektor keuangan Turki mungkin akan merasakan dampak hubungan yang kurang baik dengan Amerika.

Otorita keuangan Amerika sedang mempertimbangkan denda besar atas bank milik pemerintah Turki, Halkbank, setelah salah seorang pejabatnya dinyatakan bersalah di pengadilan New York bulan Januari lalu karena melanggar sanksi Amerika atas Iran. [ii/ps]

Recommended

XS
SM
MD
LG