Tautan-tautan Akses

Menlu Lebanon Mengundurkan Diri


Menteri Luar Negeri Lebanon Nassif Hitti, bersiap meninggalkan kantornya setelah mengumumkan pengunduran dirinya di kantor Kementerian Luar Negeri Lebanon di Beirut, Senin, 3 Agustus 2020.

Menteri Luar Negeri Lebanon telah mengundurkan diri. Nassif Hitti menyerahkan surat pengunduran dirinya hari Senin (3/8). Ia memperingatkan bahwa krisis finansial negara itu dan kurangnya kemauan politik untuk berubah dapat menjadi ancaman terbesar bagi negara itu sejak perang saudara di sana.

“Saya ambil bagian dalam pemerintah ini untuk bekerja bagi satu bos yang disebut Lebanon,” kata Hitti dalam suatu pernyataan. “Lalu saya dapati di negara saya ini banyak bos dan kepentingan yang saling bertentangan. Jika mereka tidak bersatu dalam kepentingan menyelamatkan rakyat Lebanon, mudah-mudahan tidak terjadi, negara ini akan tenggelam bersama dengan semua orang di dalamnya,” lanjut Hitti.

Hitti mengatakan Lebanon menghadapi risiko menjadi “negara yang gagal.”

Diplomat karier ini menjadi menteri luar negeri pada Januari lalu sebagai bagian dari pemerintah PM Hassan Diab.

Hitti dikabarkan frustrasi dengan kritik Diab terhadap Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian, menyusul kunjungan diplomat Perancis itu ke Beirut baru-baru ini. [uh/ab]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG