Tautan-tautan Akses

Menlu Kerry: Pihak Luar Jangan Bantu Pemberontak Kongo


Menlu AS John Kerry didampingi Sekjen PBB Ban Ki-moon, memberikan sambutan di kantor pusat PBB di New York (25/7).
Menlu AS John Kerry didampingi Sekjen PBB Ban Ki-moon, memberikan sambutan di kantor pusat PBB di New York (25/7).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menuntut agar pihak luar tidak memberikan bantuan kepada pemberontak bersenjata di Republik Demokrasi Kongo.

Berbicara dalam rapat Dewan Keamanan PBB terkait kawasan Afrika, hari Kamis (25/7), Menlu AS John Kerry mengatakan bahwa semua negara harus menuntut pertanggung njawaban pelanggar hak azasi manusia dan pelanggar lainnya.

Ia mengatakan Amerika mendukung misi pasukan PBB untuk kawasan itu dan misinya untuk menetralkan semua kelompok bersenjata dan melindungi kaum sipil.

Sebelas negara Afrika telah menandatangani persetujuan bulan Februari dan berusaha untuk mengakhiri pertempuran di Republik Demokrasi Kongo, antara pemerintah Kongo dan kelompok-kelompok pemberontak. Mereka yang telah dituduh membantu pemberontak termasuk Rwanda dan Uganda. Kedua negara tersebut membantah tuduhan itu.

PBB telah meningkatkan usaha untuk menghentikan pertempuran di bagian timur Republik Demokrasi Kongo. Disamping brigade pasukan, PBB berencana untuk menerbangkan pesawat tak-berawak di atas daerah itu untuk mengumpulkan informasi mengenai gerak-gerik pemberontak.
XS
SM
MD
LG