Tautan-tautan Akses

Menlu Jerman: Perebutan Kekuasaan di Afghanistan Sudah Dekat


Pejuang Taliban berfoto sambil mengibarkan bendera di rumah gubernur Ghazni, di Ghazni, Afghanistan tenggara, 15 Agustus 2021. (Foto: AP)

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, Minggu (15/8), mengatakan “perebutan kekuasaan oleh Taliban di Afghanistan sudah dekat.”

Maas mengkonfirmasi bahwa “beberapa bagian pemerintah Afghanistan sudah berada di luar negara itu,” dan bahwa prioritas utama bagi Jerman adalah “keamanan warga negara kami, staf kami di kedutaan besar, dan orang-orang yang bekerjasama dengan kami di Afghanistan dalam beberapa tahun terakhir ini.”

Ditambahkannya, sejumlah personil akan dievakuasi dan pesawat militer Jerman akan terbang ke Kabul Minggu malam untuk mendukung operasi itu.

“Kami berhubungan dekat dengan Amerika dan mitra-mitra internasional lainnya, dan telah sepakat bahwa kami akan saling mendukung langkah-langkah evakuasi dalam beberapa hari mendatang,” ujar Maas.

Ia menegaskan bahwa “kami telah membantu orang lain dan kami juga akan menerima bantuan mereka.”

Menteri Pertahanan Jerman mengukuhkan bahwa pesawat angkut militer A400M pertama akan berangkat pada Minggu (15/8) malam dengan pasukan respon cepat untuk mengamankan operasi evakuasi. [em/lt]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG