Tautan-tautan Akses

Menlu Jepang Berusaha Redakan Kekhawatiran Soal Produk Makanan dari Fukushima


Kampung atlet Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo, Jepang, Sabtu, 17 Juli 2021. (AP Photo/Charlie Riedel)

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan, Selasa (3/8), pemerintah menggunakan Olimpiade untuk menunjukkan kepada dunia bahwa produk makanan dari kawasan Fukushima yang pernah dilanda bencana nuklir, aman dikonsumsi.

Pernyataan itu dikeluarkan sebagai tanggapan atas laporan bahwa pasokan kotak makan siang atlet Korea Selatan berasal dari luar Kampung Atlet sehingga mendorong persepsi bahwa makanan dari Fukushima berbahaya.

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi. (REUTERS/Issei Kato)
Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi. (REUTERS/Issei Kato)

Lebih dari satu dekade yang lalu daerah tersebut dilanda gempa bumi besar dan tsunami yang memorakporandakan wilayah timur laut Jepang dan menghancurkan sebagian dari pembangkit listrik tenaga nuklirnya.

Sejak itu, sejumlah proyek digelar untuk membangun kembali kawasan tersebut.

Jepang sendiri memberi label Olimpiade Tokyo sebagai "Pesta Olahraga Pemulihan dan Rekonstruksi" karena memberi kesempatan pada Jepang untuk menunjukkan kepada dunia seberapa jauh pembangunan telah dicapai untuk memulihkan Fukushima. Salah satu langkah yang dilakukan Jepang adalah memulai estafet obor Olimpiade dari kawasan itu.

"Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menunjukkan kepada dunia betapa amannya produk pertanian dan perikanan di daerah yang terkena bencana itu," kata Motegi.

"Saya sudah sampaikan sikap pemerintah Jepang ini ke Korsel," tambahnya. [ab/uh]

Medali Olimpiade Rio 2016

XS
SM
MD
LG