Tautan-tautan Akses

Menlu Israel Bertekad Tolak Pembekuan Pembangunan Permukiman


Partai Menlu Israel, Yisrael Beitenu yang ultranasionalis mempunyai cukup kekuatan dalam pemerintahan untuk mengusahakan agar perpanjangan pembekuan tidak dilaksanakan.

Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman mengatakan partainya akan menghambat setiap usaha pemerintah untuk memperpanjang pembekuan sebagian pembangunan permukiman di Tepi Barat yang diduduki. Pembekuan tersebut akan menjadi kadaluwarsa pada akhir bulan ini.

Lieberman mengatakan kepada radio Israel pada hari Senin, Partai Yisrael Beitenu yang ultranasionalis mempunyai cukup kekuatan dalam pemerintahan untuk mengusahakan supaya perpanjangan demikian tidak berhasil.

Banyak anggota Partai Likud Perdana Menteri Benjamin Netanyahu juga menentang perpanjangan. Pembekuan 10 bulan itu akan berakhir pada tanggal 26 September.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada hari Senin menyatakan lagi janjinya untuk keluar dari pembicaraan perdamaian Timur Tengah kalau pembangunan permukiman itu dilanjutkan. Ia juga mengatakan kalau dipaksa untuk mengalah dalam soal-soal yang pokok seperti perbatasan tahun 1967 atau pemulangan pengungsi Palestina ke Israel, “Saya akan pulang saja.”

Tetapi, Perdana Menteri Israel Netanyahu mengatakan kepada para anggota Kongres Amerika ia berpendapat akan mungkin untuk mencapai persetujuan perdamaian dengan Palestina dalam waktu setahun, walaupun ada perbedaan pandangan yang sangat besar antara kedua pihak.

XS
SM
MD
LG