Tautan-tautan Akses

Menlu Iran Katakan Sanksi PBB yang Baru Ilegal


FILE - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif saat berbicara kepada media di Tbilisi, Georgia, 18 April 2017. REUTERS / David Mdzinarishvili

Menteri luar negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan hari Selasa, pemerintahan Trump hendak ‘meracun iklim internasional’ dengan sanksi baru setelah menyatakan bahwa Iran mematuhi semua kewajibannya di bawah Perjanjian Nuklir Tahun 2015.

Zarif menandaskan “masyarakat internasional sudah mengetahui ini dengan jelas dan tegas dan terus berurusan dengan Iran tanpa menghiraukan sandiwara tersebut’.

Walaupun pemerintahan Trump mengakui kepatuhan Iran, tetapi juga menyatakan Iran menghadapi akibat karena melanggar jiwa dari perjanjian itu. Ini disusul dengan sanksi baru non nuklir terhadap Iran hari Selasa.

Zarif menyebut sanksi baru itu melanggar hukum dan memberitahu beberapa wartawan di markas besar PBB ‘penetapan sanksi baru itu sayangnya sudah menjadi perangai buruk pemerintahan Trump sekarang’. Ia menekankan bahwa Badan Tenaga Atom Internasional sudah memverifikasi bahwa Iran mematuhi semua komitmennya di bawah Perjanjian Nuklir itu. [ps/al]

XS
SM
MD
LG