Tautan-tautan Akses

Menlu Iran Bertemu Utusan Khusus PBB untuk Afghanistan


Utusan Khusus PBB untuk Afghanistan, Jean Arnault

Utusan Khusus PBB untuk Afghanistan Jean Arnault hari Minggu (8/8) melangsungkan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. Pertemuan berlangsung di tengah perebutan wilayah oleh Taliban dan diselesaikannya penarikan mundur pasukan Amerika dan NATO dari Afghanistan.

Peningkatan serangan Taliban dibalas pasukan keamanan dan tentara pemerintah Afghanistan dengan serangan udara yang didanai Amerika. Pertempuran ini menimbulkan kekhawatiran akan jatuhnya korban sipil.

Pejuang Taliban Sabtu lalu (7/8) memasuki ibu kota provinsi Jawzjan setelah merebut kembali sembilan dari sepuluh distrik di provinsi itu.

Sebagian dari 34 ibu kota provinsi itu terancam ketika pemberontak Taliban menyapu sebagian besar Afgahnistan dengan kecepatan yang mengejutkan.

Sementara itu serangan-serangan udara telah menghancurkan sebuah klinik kesehatan dan SMA di ibu kota provinsi Helmand di Afghanistan selatan, demikian ujar seorang anggota dewan provinsi itu hari Minggu (8/8). Taliban juga merebut kendali sebagian besar ibu kota provinsi Kunduz di bagian Utara, termasuk markas polisi dan kantor gubernur, tambah seorang anggota dewan provinsi. [em/ka]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG