Tautan-tautan Akses

Menlu Inggris akan Bahas 'Genosida Rohingya' oleh Myanmar di PBB


Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt
Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt

Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt mengatakan hari Selasa (4/9) bahwa ia akan melakukan pembicaraan di PBB bulan ini tentang tuduhan bahwa militer Myanmar melakukan genosida terhadap Muslim Rohingya yang minoritas, dan memperingatkan bahwa pelaku kejahatan itu akan diseret ke pengadilan.

Hunt juga mengatakan ingin melawat ke Myanmar bertemu dengan para pemimpin militer dan pemimpin de fakto negara Aung San Suu Kyi yang banyak dikritik karena tidak angkat bicara.

“Pembersihan etnis dalam segala bentuk, jika sampai terjadi, tidak dapat dibiarkan tanpa dihukum dan semua pelaku kejahatan yang memualkan ini mesti dihadapkan pada hukum” kata Hunt kepada para anggota Parlemen.

Misi pencari fakta PBB bulan lalu menghimbau dilakukan penyelidikan dan penuntutan internasional terhadap pemimpin militer bersama lima komandan militer lainnya Myanmar karena melakukan genosida dan kejahatan perang terhadap Muslim Rohingya.

Semua tertuduh menyangkal keras tuduhan, dan Hunt mengakui menyeret para pelaku ke hadapan peradilan merupakan “jalan panjang dan sulit”. [al]

Recommended

XS
SM
MD
LG