Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Tegaskan Komitmen pada Kawasan Indo-Pasifik yang 'Bebas dan Terbuka'


Delegasi AS yang dipimpin Menlu Mike Pompeo (kiri) bertemu Wakil PM dan Menlu Vietnam, Pham Binh Minh (kanan) di Hanoi, Vietnam, Senin (9/7).

Menteri luar negeri Amerika Mike Pompeo menegaskan lagi tentang komitmen Amerika kepada “kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka”. Penegasan ini diucapkannya dalam lawatan pertamanya ke Vietnam seraya menambahkan bahwa Washington dan Hanoi akan bekerjasama untuk mempertahankan kebebasan berlayar dan terbang di atas Laut China Selatan.

Dalam resepsi dengan kalangan bisnis di Hanoi, Vietnam, Pompeo mengatakan, “Amerika mendedikasikan diri pada bangsa-bangsa Indo-Pasifik yang bebas, kuat, menghormati kedaulatan satu sama lain, menjunjung tinggi aturan hukum dan memajukan perniagaan yang bertanggungjawab.”

Kemudian ia menambahkan, “Beda dari yang lain di kawasan sama, tindakan Amerika tidak dipandu oleh kepentingan ekonomi sendiri saja. Alih-alih Amerika bekerja untuk membangun kemitraan guna menghadapi keresahan regional mengenai militerisasi dan reklamasi yang dilakukan China di bagian-bagian yang disengketakan di Laut China Selatan."

“Kedua pihak menyambut baik kerjasama guna mempertahankan kebebasan berlayar dan terbang di Laut China Selatan. Para pemimpin Vietnam menerima baik peran kuat Amerika dalam menjamin stabilitas di Laut Cina Selatan,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Heather Nauert hari Senin (9/7) setelah Pompeo menemui perdana menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc.

Amerika memberi kapal patroli kepada Vietnam tampaknya untuk memperkuat hubungan keamanan antara keduanya.

China membela kegiatan pembangunan yang dilakukannya di Laut China Selatan dengan alasan pihaknya berhak membangun di sana karena mengklaim wilayah itu sebagai bagian dari wilayahnya. [al]

XS
SM
MD
LG