Tautan-tautan Akses

Menlu AS: Tanpa Tindakan AS di Suriah, Serangan Kimia akan Terulang


Menhan AS Chuck Hagel (kanan) mendampingi Menlu AS John Kerry saat memberikan keterangan di Gedung Capitol, Washington DC, Selasa (3/9).
Menhan AS Chuck Hagel (kanan) mendampingi Menlu AS John Kerry saat memberikan keterangan di Gedung Capitol, Washington DC, Selasa (3/9).

Menlu AS John Kerry mengatakan ia tidak meragukan bahwa ketiadaan tindakan Amerika terhadap Suriah akan menimbulkan perang yang lebih besar dan penggunaan senjata kimia lagi di negara tersebut.

Menteri Luar Negeri Amerika, John Kerry berupaya membujuk para anggota Kongres agar memberi dukungan bagi rencana serangan militer terhadap Suriah. Di hadapan Komisi Hubungan Luar Negeri Senat hari Selasa (3/9), Kerry mengatakan Presiden Suriah Bashar al-Assad bernafsu akan kekuasaan yang mendorongnya menjatuhkan gas racun terhadap kaum sipil di pinggir Damaskus bulan lalu.

Presiden Barack Obama telah mengatakan ia akan berusaha memperoleh persetujuan Kongres sebelum mengambil keputusan mengenai serangan terhadap Suriah. John Kerry mengatakan kepada para Senator serangan militer terhadap Suriah jelas memenuhi kepentingan nasional Amerika, tetapi tidak berbuat apa-apa adalah apa yang diharapkan oleh Iran, Hisbullah dan Korea Utara.

Dalam menjawab pertanyaan dari para anggota komisi, Kerry menekankan pasukan Amerika sama sekali tidak akan pergi ke Suriah. Ia menambahkan terserah kepada rakyat Suriah untuk menghancurkan rejim Assad.
XS
SM
MD
LG