Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Pompeo Dijadwalkan Berpidato Mengenai China


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dijadwalkan untuk berpidato di California mengenai China, Kamis, 23 Juli 2020. (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dijadwalkan untuk berpidato hari Kamis (23/7) di California mengenai China, pada saat ketegangan antara kedua negara meningkat.

Departemen Luar Negeri menyatakan pidato Pompeo berjudul "China Komunis dan Masa Depan Dunia Bebas".

AS, Rabu (23/7) memerintahkan penutupan konsulat China di Houston, dengan menyatakan langkah tersebut dilakukan untuk “melindungi hak atas kekayaan intelektual Amerika dan informasi pribadi Amerika.”

“Kami menyatakan dengan jelas harapan-harapan mengenai bagaimana Partai Komunis China akan berperilaku, dan apabila mereka tidak melakukan itu, kami akan mengambil tindakan yang melindungi rakyat Amerika, melindungi keamanan kami, keamanan nasional kami, dan juga melindungi ekonomi serta lapangan kerja kami,” kata Pompeo, Rabu (22/7), di tengah lawatannya ke Denmark.

China menolak tindakan AS yang disebutnya sebagai “provokasi politik” dan menyatakan akan menanggapi dengan “tindakan yang sah dan perlu.”

“China mengecam keras dan menentang tegas langkah yang keterlaluan dan tidak pada tempatnya yang menyabotase hubungan China-AS,” sebut Kedutaan Besar China di Washington dalam suatu pernyataan. “Tuduhan AS itu dibuat-buat tanpa alasan, dan alasan yang disebutnya itu tidak masuk akal dan tidak dapat dipertahankan,” sebut pernyataan itu lagi. [uh/ab]

Lihat komentar (2)

XS
SM
MD
LG