Tautan-tautan Akses

Menlu AS: Pembicaraan dengan Para Pejabat Korut Capai Kemajuan


Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo setibanya di Bandara Haneda, Tokyo, Jepang, 7 Juli 2018.

Menlu AS Mike Pompeo, Sabtu (7/7), mengakhiri pembicaraan dua hari dengan para pejabat Korea Utara. Ia mengatakan, pembicaraan tersebut produktif dan mencapai banyak kemajuan pada hampir semua isu utama.

Diplomat tertinggi AS itu mengatakan, sebagian besar pembicaraan itu terfokus pada jadwal waktu denuklirisasi dan senjata perusak masal Korea Utara. Pompeo tidak mengungkap lebih rinci pembicaraan-pembicaraan tersebut.

Pompeo, yang kini berada di Tokyo, mengatakan, sebuah pertemuan lain dijadwalkan berlangsung 12 Juli untuk membahas pemulangan sisa-sisa jenazah para tentara Amerika yang gugur pada Perang Korea.

Pompeo tidak bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, Pompeo sebelumnya memang tidak merencanakan pertemuan dengan Kim.

Pompeo memulai hari Sabtu-nya dengan pembicaraan telepon dengan Presiden AS Donald Trump. Ia kemudian melangsungkan pertemuan dengan Kim Yong Chol, pejabat senior partai yang berkuasa di Korea Utara dan juga mantan kepala dinas intelijen negara itu.

Sewaktu bertemu sebelum pembicaraan itu, Kim Yong Chol bertanya pada Pompeo apakah ia tidur nyenyak pada malam pertamanya menginap di Korea Utara. Pompeo menjawab “ya” dan kemudian sedikit berbicang-bincang sebelum para wartawan diminta meninggalkan ruangan. [ab]

XS
SM
MD
LG