Tautan-tautan Akses

Menlu AS Mulai Lawatan Asia dengan Singgah di India


Menlu AS Mike Pompeo (kiri) dan Menlu India Subrahmanyam Jaishankar di Hyderabad House, New Delhi, India, Senin, 26 Oktober 2020. (Adnan Abidi / Pool via AP)

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mendarat di India, Senin (26/10), persinggahan pertama dalam lawatan lima harinya ke Asia yang ditujukan untuk memperkokoh hubungan strategis dengan negara-negara di kawasan itu dalam menghadapi pengaruh China yang kian berkembang.

Pompeo disambut di bandara New Delhi oleh Duta Besar AS untuk India, Kenneth Juster. Pompeo dijadwalkan bertemu Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar pada Senin malam (26/10), sebelum ia dan Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengadakan pertemuan puncak bersama dengan Jaishankar dan Menteri Pertahanan India Rajnath Singh pada Selasa.

Pada hari itu juga, menurut jadwal perjalanan yang dirilis oleh kementerian luar negeri India, Pompeo dan Esper akan melangsungkan pembicaraan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Menlu AS Mike Pompeo, tiba di bandara di New Delhi, India, Senin, 26 Oktober 2020. (Adnan Abidi / Pool via AP)
Menlu AS Mike Pompeo, tiba di bandara di New Delhi, India, Senin, 26 Oktober 2020. (Adnan Abidi / Pool via AP)


Sejumlah pengamat mengatakan, perjalanan Pompeo ini adalah bagian dari upaya terbaru AS untuk mendukung sekutu-sekutunya dalam menghadapi perilaku China yang semakin agresif, yang telah membuat terobosan politik dan militer di berbagai penjuru Asia.

Pompeo juga akan melakukan perjalanan ke Sri Lanka dan Maladewa, tempat di mana China telah mendanai dan membangun berbagai infrastruktur, sehingga mengkhawatirkan India dan AS.

India sendiri saat ini sedang menghadapi pertikaian militer dengan China di perbatasan Himalaya yang disengketakan.

Pompeo akan mengakhiri perjalanannya dengan melawat ke Indonesia pekan ini dan pulang ke AS sebelum hari pemilihan presiden AS 3 November mendatang. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG