Tautan-tautan Akses

Menlu AS, Menlu Rusia Akan Bertemu di Tengah Krisis Venezuela


Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo (kiri) dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov akan bertemu pekan depan di Finlandia, sementara ketegangan kian besar antara kedua negara tersebut terkait krisis di Venezuela.

Media Rusia mengutip Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov, yang Jumat mengatakan bahwa pertemuan itu telah diatur di sela-sela sidang para menteri anggota Dewan Kutub Utara di Rovaniemi.

Departemen Luar Negeri Amerika juga mengukuhkan pembicaraan itu.

“Menteri Luar Negeri Lavrov akan berada di sana, Menteri Luar Negeri Pompeo akan berada di sana, di sana berlangsung pertemuan tingkat menteri Dewan Kutub Utara dan acara-acara terkait dengan itu, dan mereka akan memiliki kesempatan untuk bertemu dan mengevaluasi topik apapun yang mereka pilih,” kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri Amerika.

Pejabat itu menambahkan bahwa Venezuela kemungkinan besar akan dibahas.

Hari Rabu, Pompeo memberitahu Lavrov dalam suatu percakapan telepon bahwa “intervensi Rusia dan Kuba menggoyahkan bagi Venezuela dan bagi hubungan bilateral Amerika-Rusia.” Pompeo juga mendesak Rusia agar berhenti mendukung pemimpin Venezuela yang terpojok, Nicolas Maduro.

Washington telah menuduh Rusia membicarakan tentang perginya Maduro meninggalkan Venezuela. Moskow membantah tuduhan itu. [uh]

XS
SM
MD
LG