Tautan-tautan Akses

Menlu AS Berharap Perundingan Nuklir dengan Korut Bisa Dilanjutkan


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berbicara kepada wartawan di dalam pesawat menuju ke Thailand, 30 Juli 2019. (Foto: AP)

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan sangat berharap perundingan nuklir dengan Korea utara bisa dilanjutkan dalam waktu dekat, meski Korea utara telah mengadakan sejumlah percobaan senjata belum lama ini.

Pompeo mengatakan kepada wartawan yang menyertai kunjungannya menghadiri forum pertahanan Asia di Thailand bahwa telah diadakan pembicaraan pendahuluan untuk putaran perundingan baru, tapi tanggal perundingan belum ditentukan.

Pompeo mengatakan ia ingin melihat apakah Menteri Luar Negeri Korea utara akan datang ke Bangkok, dan ia yakin mereka akan bertemu. Perunding utama Amerika juga akan hadir dalam pertemuan forum keamanan di Bangkok itu.

Perundingan Amerika-Korea utara macet sejak pertemuan Presiden Trump dengan pemimpin Korea utara Kim Jong-un di Hanoi pada Februari lalu. Tapi keduanya bertemu lagi di kawasan bebas militer di perbatasan Korea Utara dan selatan pada Juni lalu. [ii/ft]

XS
SM
MD
LG