Tautan-tautan Akses

Menkeu AS: Trump "Dengan Senang Hati" Kenakan Pajak Impor China


Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin berbicara dengan seorang delegasi dalam pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara G20 di Fukuoka, Jepang, 8 Juni 2019.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, Minggu (9/6), mengatakan Presiden Donald Trump akan "dengan senang hati" menerapkan pajak atas lebih banyak impor dari China apabila dia tidak mencapai kesepakatan perdagangan dengan Presiden China Xi Jinping.

Kedua presiden itu dijadwalkan bertemu akhir bulan ini dalam pertemuan G20 di Jepang.

"Kami membuat kemajuan besar, sepertinya perjanjiannya hampir 90 persen selesai," kata Mnuchin kepada CNBC. "China belum sepakat atas beberapa hal" -- tuduhan yang dibantah Beijing.

"Kami berhenti berunding," kata Mnuchin. Langkah berikutnya bergantung pada pertemuan Trump dengan Xi di Osaka dalam pertemuan para pemimpin negara-negara kaya G-20 pada 28-29 Juni.

"Presiden akan membuat keputusan (mengenai tarif) setelah pertemuan itu," kata Mnuchin. "Saya yakin apabila China bersedia menyepakati beberapa hal yang sedang kita rundingkan, kita akan meraih perjanjian. Apabila tidak, kami akan mengenakan tarif."

Trump telah menerapkan tarif atas barang-barang China bernilai $200 miliar, tapi sekarang mempertimbangkan untuk mengenakan pajak atas produk-produk China lainnya senilai $325 miliar. Itu praktis akan mencakup hampir semua barang yang diekspor China ke AS. Dua ekonomi terbesar di dunia itu telah berselisih selama beberapa bulan belakangan mengenai perjanjian perdagangan, dan belum meraih perjanjian. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG