Tautan-tautan Akses

Menkeu AS, Deputi PM Kanada, Bahas Inflasi dan Efek Perang di Ukraina


Menteri Keuangan AS Janet Yellen di Toronto, Canada, 20 Juni 2022. (Twitter/@SecYellen)
Menteri Keuangan AS Janet Yellen di Toronto, Canada, 20 Juni 2022. (Twitter/@SecYellen)

Inflasi dan dampak perang Rusia di Ukraina menjadi pembahasan utama pembicaraan antara Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan Wakil Perdana Menteri Kanada Chrystia Freeland, Senin (20/9).

Yellen bertemu dengan Freeland dan menjanjikan kerja sama dalam berbagai hal mulai dari sanksi terhadap Rusia hingga peningkatan produksi energi dan penguatan rantai pasokan.

Yellen mengatakan, “Selama kunjungan kami, kami juga telah membahas bagaimana AS dan Kanada dapat terus bersatu dalam langkah-langkah untuk mengakhiri perang Rusia yang brutal di Ukraina dan mengurangi dampaknya di seluruh dunia dan di dalam negeri, yang mencakup kenaikan biaya energi. Perang Rusia menunjukkan bahwa meskipun kita perlu meningkatkan produksi bahan bakar fosil dalam jangka pendek, sangat penting bagi kita untuk menerapkan teknologi energi yang dapat memutus ketergantungan kita pada jangka panjang.”

Sementara itu, Freeland mengatakan tentang perlunya memusatkan perhatian pada kebutuhan energi jangka pendek di kawasan Amerika Utara mengingat rakyat Kanada dan Amerika benar-benar merasakan dampak kenaikan itu di pompa-pompa bensin. Ia juga mengatakan keamanan energi yang dirasakan mitra-mitra Eropa kedua negara merupakan tantangan nyata. Sebagai produsen energi, lanjutnya, Kanada benar-benar serius dalam menjalankan tanggung jawab terhadap sekutu-sekutunya.

Ini merupakan kunjungan pertama ke Kanada bagi Yellen sebagai Menteri Keuangan.

Pada hari Selasa (21/6), Yellen dijadwalkan mengunjungi Suku Sioux Rosebud di South Dakota untuk membahas dampak pendanaan 20 miliar dolar bagi komunitas suku yang tersedia berkat UU bantuan COVID-19, Rencana Penyelamatan Amerika. [uh/ka]

XS
SM
MD
LG