Tautan-tautan Akses

Menhan Gates Yakin Strategi Perang Afghanistan Berhasil


Menhan AS Robert Gates menyampaikan itu hari Jumat setelah mengunjungi pasukan AS di dua pangkalan di provinsi Kandahar.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan ia yakin strategi Amerika berhasil di Afghanistan, tapi memperingatkan pada hari-hari mendatang masih akan ada banyak "pertempuran hebat." Gates menyampaikan itu kepada wartawan hari Jumat setelah ia menemui pasukan Amerika di dua pangkalan di provinsi Kandahar, Afghanistan selatan yang kritis, yang menjadi kubu pemberontak Taliban.

Kontingen terakhir dari 30.000 tentara tambahan Amerika tiba di Afghanistan selatan bulan ini, dan komandan-komandan militer menyatakan kekerasan meningkat akibat bertambahnya jumlah pasukan di sana.

NATO mengatakan serangan pemberontak di Afghanistan selatan hari Jumat menewaskan seorang tentara – korban terbaru dari pasukan internasional.

Gates menegaskan, Amerika bermaksud menyerahkan tanggung jawab keamanan begitu Afghanistan mampu mengembannya. Pemerintah Obama telah menetapkan penarikan pasukan Amerika akan dimulai Agustus tahun depan.

Seorang tentara AS bertanya apakah tentara Amerika akan menarget tempat persembunyian militan di Pakistan, yang digunakan sebagai pangkalan untuk menyerang pasukan NATO di Afghanistan. Gates menjawab bahwa kemungkinannya sangat kecil tentara Amerika terlibat langsung di Pakistan.

Gates menambahkan, Pakistan juga ingin memberantas tempat-tempat persembunyian militan, tetapi sekarang ini pemerintah Pakistan terfokus pada upaya menangani krisis banjir, sehingga operasi militer terhadap militan di Waziristan Utara harus menunggu.

XS
SM
MD
LG