Tautan-tautan Akses

Menhan AS Akan Temui Pejabat Militer China


Menteri Pertahanan Chuck Hagel dalam sebuah jumpa pers di Pentagon, Washington (1/5). (Reuters/Yuri Gripas)
Menteri Pertahanan Chuck Hagel dalam sebuah jumpa pers di Pentagon, Washington (1/5). (Reuters/Yuri Gripas)

Chuck Hagel akan mengemukakan pandangan Amerika, salah satunya bahwa China bersikap berlebihan dan menimbulkan persoalan dan ketegangan baru di kawasan Asia.

Beberapa hari setelah Amerika Serikat dan China saling mengajukan tuduhan-tuduhan baru mengenai spionase dunia maya, Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengatakan, ia akan mengungkapkan isu serupa dalam pertemuan tatap muka dengan salah seorang pejabat militer tertinggi dari Beijing pekan ini.

Hagel mengatakan, ia juga berencana mengangkat banyak kasus sengketa teritorial yang telah meningkatkan ketegangan di wilayah Asia Pasifik, dan membicarakan pandangan Amerika bahwa China telah bersikap berlebihan dan menimbulkan persoalan dan ketegangan baru di kawasan tersebut.

Pertemuan Hagel dengan wakil kepala staf angkatan bersenjata China dijadwalkan berlangsung Sabtu (31/5) dalam sebuah konperensi keamanan nasional di Singapura.

Negara-negara Asia lain kemungkinan akan mengungkapkan keluhan mereka mengenai pertikaian yang meningkat di kawasan itu menyangkut pulau-pulau yang disengketakan, kapal-kapal yang bertabrakan, dan pembangunan anjungan minyak China di perairan yang diklaim Vietnam.
XS
SM
MD
LG