Tautan-tautan Akses

AS

Mengapa Melania Trump Berkerudung di Vatikan, Tapi Tidak di Saudi?

  • Associated Press

Ivanka Trump (kiri) dan Melania Trump ketika bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu (24/5). Melania Trump (kanan) mengenakan kerudung hitam atau "mantila", aturan bagi perempuan untuk bertemu Paus yang disyaratkan oleh Vatikan.

Berkerudung atau tidak berkerudung? Melania Trump mengenakan kerudung pada kunjungan ke Vatikan pada hari Rabu (24/5) untuk bertemu Paus Fransiskus, namun ia tidak mengenakan penutup kepala beberapa hari sebelumnya saat bertemu Raja Arab Saudi, sebuah negara konservatif yang religius di mana sebagian besar perempuan di sana menutupi tubuh mereka dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Mengapa Melania melakukan hal yang berbeda? Jawabannya adalah kombinasi yang rumit antara preferensi pribadi, protokol diplomatik, dan perintah agama.

Stephanie Grisham, juru bicara ibu negara AS, mengatakan bahwa keputusan Melania Trump untuk memakai kerudung hitam yang dikenal sebagai "mantila" itu mengikuti protokol Vatikan, yaitu bahwa perempuan yang melakukan pertemuan dengan Paus harus mengenakan lengan panjang, pakaian hitam formal, dan kerudung untuk menutupi kepala mereka. Sementara, pada saat kunjungan ke Arab Saudi, pemerintah setempat tidak meminta agar Melania Trump mengenakan penutup kepala yang dikenal sebagai hijab, kata Grisham.

Namun, aturan pakaian yang disyaratkan oleh Vatikan itu pun tidak diberlakukan dengan ketat. Banyak perempuan, termasuk pejabat tinggi, telah bertemu Paus dengan kepala terbuka, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel pada tahun 2015 dan Aung San Suu Kyi, pemimpin tertinggi Myanmar, pada bulan ini.

Banyak perempuan mengenakan kerudung hitam (mantila) karena rasa hormat kepada Paus. Melania Trump adalah seorang pemeluk Katolik, sehingga kunjungannya ke Vatikan untuk mendampingi Presiden AS Donald Trump untuk bertemu dengan pemimpin 1 miliar lebih umat Katolik Roma itu menjadi lebih bermakna baginya.

Ketika seorang pejabat Vatikan memberinya sebuah rosario, ibu negara AS itu segera memberikannya kepada paus untuk minta diberkati. Melania menghabiskan waktu di depan patung Madonna (Bunda Maria) di depan rumah sakit anak-anak Vatikan dan meletakkan bunga di kaki patung itu. Melania juga berdoa di kapel rumah sakit tersebut.

Semua perempuan yang ikut serta dalam delegasi A.S. mengenakan kerudung dalam kunjungannya ke Vatikan, termasuk Ivanka Trump, putri Presiden yang berpindah memeluk agama Yahudi sebelum menikah, mengikuti agama suaminya, Jared Kushner. [pp]

Presiden AS Donald Trump dan ibu negara Melania Trump bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu (24/5).
Presiden AS Donald Trump dan ibu negara Melania Trump bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu (24/5).

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG